Rabu, 02 Mei 2012

Berkelana Seharian di Hsinchu

Aduh senangnya hari ini karena mau nulis lagi di blog,, setelah sekian lama tidak muncul karena masih berkutat dengan kepanitian LKTIN dan skripsi yang membuat hati jadi asem manis... o_O oh ya sesuai dengan janjiku lalu untuk menulis tentang perjalananku di Taiwan dalam rangka mengikuti The Third Annual Indonesian Scholars Conference. Yupss... kita mulai aja ya cerita jalan-jalannya... o_O

Satu hari setelah konferensi selesai aku bersama teman-teman terdekatku alias teman satu timku pergi jalan-jalan keliling daerah sekitar hotel kami di Hsinchu. Awalnya kami berjalan ke taman kota (nuansa taman malam hari bisa dilihat dari gambar disamping) namun karena rasa penasaran yang amat mendalam,, kami memutuskan untuk jalan lebih jauh lagi dari hotel kami menginap sekaligus juga hunting oleh-oleh hoho... o_O maklum aja kami semua gadis,, jadi wajar aja keinginan untuk berbelanja jauh lebih besar dan mengalahkan keinginan lainnya.

Ketika kami jalan-jalan tidak sengaja kami sampai ke gedung kepolisian Hsinchu, musium kesenian Hsinchu, dan musium pemadam kebakaran tertua di Hsinchu (nah ini nich,, tempat paling berkesan bagi kami semua haha... o_O). Selain di musium pemadam kebakaran kami tidak berani untuk memasuki gedung diatas,, haha... karena kami takut kalau

diminta uang tiket. Biasa ya,, alasan klasik kami takut kocek yang kami miliki tidak cukup untuk hidup beberapa hari yang tersisa di Taiwan sebelum kami pulang ke Indonesia.

Di musium pemadam kebakaran kami mencoba salah satu pengalaman yang bagiku adalah pengalaman pertama dalam hal simulasi kebakaran. Jadi di musium terdapat suatu ruangan khusus untuk simulasi kebakaran, setiap pengunjung diperbolehkan untuk mencoba masuk ke dalam ruangan itu. Ketika simulasi dimulai ruangan sengaja digelapkan dan berasap. Ruangan itu sangat sempit,, dalam kondisi kebakaran kami diharuskan berjalan secara merayap dan tidak lupa untuk selalu meraba dinding ruangan. Nach setelah merayap cukup jauh (mengelilingi ruangan..) akhirnya kami menemukan jalan keluar dan hore... kami selamat. Perasaan itu tidak bisa dikatakan dengan apapun,, o_O

Oh ya di musium juga terdapat sejarah tentang perkembangan alat pemadam kebakaran yang dipakai dari waktu ke waktu. Selain itu juga terdapat peralatan lengkap yang harus dipakai oleh seorang pemadam kebakaran. Di sana kami bertemu dengan seorang pemadam kebakaran yang baik banget,, saking baiknya dia selalu berusaha berkomunikasi dengan kami walaupun itu susah baginya untuk mengerti bahasa yang kami pakai... salut dech buat pemadam kebakaran itu,, o_O

Setelah dari musium kami berlanjut unjuk berjalan sesuai dengan peta yang kami lihat di pinggir jalan. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke kuil tapi setelah kami sampai ternyata kompleks kuil itu menyatu dengan pasar dan kuilnya sampai tidak terlihat hoho... (mungkin kami berjalan di arah yang salah). Karena temanku sangat sensitif dengan bau (entahlah bau apa itu setiap di depan toko makanan pastinya )yang menusuk di sana,, akhirnya kami tidak berlama-lama di sana. Pokoknya yang saya lihat disana adalah pasar tradisional yang tertata rapi dan bersih,, andaikan itu terjadi di pasar tradisional kita hoho... (ngarep... ^^).

It’s time to shopping... akhirnya ya hoho...^^ kami berkeliling lagi dan kembali menyusuri jalan yang kami lewati sebelumnya untuk kembali ke hotel. Kami melihat-lihat baju yang kurasa bagus-bagus semua,, waktu lihat baju panjang yang bagus (model dan tetap syar’i) harganya selangit banged hiks..hiks.. sedih nggak jadi beli. Tapi kalau oleh-oleh untuk teman-temanku di Indonesia tidak sulit bagiku untuk memutuskan membelikannya tapi tetep harus sesuai kocek haha...^^ setiap penjual berusaha berkomunikasi dengan kami,, satu kata yang kami ucapkan wo pu ce tau (g tahu ya tulisanku bener atau salah) alias kami tidak mengerti anda berbicara apa,, ^^ dan menurut kami kata-kata itu paling ampuh diucapkan untuk orang yang tidak tahu bahasa mandarin seperti kami heuheu...^^

Nach itulah sekelumit perjalanan kami seharian di Hsinchu dan tidak ketinggalan oleh-oleh khas Taiwan Pineapple Short Cake dan,, gantungan khas pecinan dan Taiwan... ^^